Ad Code

Dengan Semangat Menggelora, Mahasiswa UNDAR Jombang Melakukan KKM di Kabupaten Blora

Mahasiswa Universitas Darul 'Ulum Jombang saat Bersilahtrurahmi
dan Berkoordinasi dengan Camat Cepu dan Perangkatnya, [Selasa, 30 Juli 2024].

BLORA, PENCANGKUL.COM – Sebanyak 28 Mahasiswa Undiversitas Darul 'Ulum Jombang (UNDAR Jombang) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) menjalani program pengabdian masyarakat di Desa Sumberpitu, Kecamata Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mengusung tema "Optimalisasi Potensi Sumber Daya Lokal dan Penguatan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Desa Berbasis Trisula", program tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa melalui pengembangan UMKM dan penguatan sektor pariwisata lokal.

Program KKM Undar Jombang dilaksanakan dengan tiga kegiatan utama, yaitu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), penguatan digital diberbagai lini, dan peningkatan sektor pariwisata desa. Salah satu fokus utama adalah pemanfaatan ikan jendil, yang merupakan hasil tangkapan lokal, sebagai bahan dasar untuk berbagai produk olahan UMKM dan kuliner. Dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal, diharapkan produk-produk UMKM dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, kelompok KKM UNDAR di Blora ini juga berfokus pada mengoptimalkan sektor pariwisata Desa Sumberpitu. Dengan meningkatkan kualitas destinasi wisata yang sempat terhenti selama COVID-19, diharapkan desa ini dapat menarik lebih banyak pengunjung, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Program ini juga melibatkan pelatihan penggunaan teknologi digital untuk promosi produk UMKM dan destinasi wisata, yang akan membantu memperluas jangkauan pasar dan menarik minat wisatawan serta konsumen dari luar willayah.

"Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat Desa Sumberpitu dapat lebih mandiri dalam mengelola potensi lokal mereka dan memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar," ujar Koordinator KKM UNDAR, Achmad Husein Habibie. "Pengembangan UMKM berbasis sumber daya lokal seperti ikan jendil dan pengoptimalan potensi wisata diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian desa". lanjutnya.

"Program-program tersebut kami buat setelah survei lapangan beberapa waktu sebelumnya. Selain program-program tersebut tentu kami juga akan berbaur dengan kegiatan masyarakat, terutama kegiatan keagamaan di masjid-masjid dan mushola yang ada di Sumberpitu. Sehari setelah diterima Bupati Blora yang diwakili oleh Kepala Bappeda, kami langsung berkoordinasi dengan perangkat desa, kecamatan, maupun dinas-dinas terkait, termasuk juga dengan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Blora", tambahnya lagi. 

Program KKM UNDAR di Desa Sumberpitu tersebut akan berlangsung selama 1 bulan, dari 28 Juli sampai 28 Agustus 2024 dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai fakultas. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk sekadar pengabdian kepada masyarakat desa, tetapi juga sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah ke dalam praktik nyata di masyarakat sekaligus sebagai sarana belajar memahami kondisi sosial masyarakat yang tentu lebih beragam dan dinamis.*

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code