Ad Code

Mahasiswa UNDAR Jombang Berpartisipasi dalam Pameran Hasil KKN di Blora

Bupati Blora, Arief Rohman sesaat setelah mengunjungi stand pameran hasil KKN Undar [Foto: IG Ariefrohman838]

BLORA, PENCANGKUL.COM-Mahasiswa Universitas Darul ‘Ulum Jombang berpartisipasi dan memeriahkan acara bertajuk "Pameran Hasil KKN di Kabupaten Blora", di alun-alun Kota Blora, Jawa Tengah pada Minggu (18/8/2024). Dari Universitas Darul ‘Ulum Jombang yang pada periode ini menerjunkan 1 kelompok dari 9 kelompok, untuk di tempatkan di Kabupten Blora, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu. Sementara untuk 8 kelompok lainnya fokus di daerah-daerah Jawa Timur.

Untuk acara Pameran Hasil KKN di Kabupaten Blora hanya diwakili oleh kelompok di Desa Sumberpitu. Acara berlangsung dari pukul 06.00 WIB pagi hingga 12.00 WIB. Diawali dengan senam pagi bersama dan dilanjutkan dengan pameran produk beberapa kampus yang melaksanakan KKN di Kabupaten Blora. Setidaknya ada 10 kampus yang melaksanakan KKN dalam periode yang hampir bersamaan di Kabupaten Blora, diantaranya Universitas Darul ‘Ulum Jombang, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), STT Ronggolawe Cepu, Universitas Budi Luhur Jakarta, IAI Khozinatul Ulum Blora, STAI Muhammadiyah Blora, UNISNU Jepara dan STAI Al Anwar Rembang.

Meskipun baru sekitar 2 pekan melaksanakan program kerjanya di Desa Sumberpitu. Kelompok KKN dari Universitas Darul ‘Ulum Jombang, mengikutsertakan beberapa produk diantaranya aneka produk olahan makanan berbasis lokal, baik produk yang sudah ada maupun produk baru yang diinisiasi para mahasiswa peserta KKN. Salah satunya yang diiniasiasi dan menjadi program kerja unggulan adalah Krundil, kerupuk yang berbahan baku ikan jendil, ikan yang berlimpah di desa Sumberpitu. 

“Ini produk yang kami inisiasi karena kami melihat bahan baku yang melimpah dan selama ini hanya menjadi hidangan fresh di Sumberpitu, belum ada diversifikasi olahan semacam kerupuk ikan jendil”, kata Zulia Nur Afinda, koordinator stand pameran Universitas Darul ‘Ulum Jombang. 

“Ini produknya memang sudah jadi, tetapi proses pengurusan ijin produk dan label halal masih jalan”, lanjutnya.

“Kami juga menampilkan redesain kawasan wisata perahu di Sumberpitu yang diminta warga”, kata Bayu Kresna yang menjadi penangung jawab pembuatan desain untuk revitalisasi kawasan wisata perahu.

Sementara itu Bupati Blora Arif Rohman dan Ibu Bupati juga mengunjungi stand KKN Undar dan sangat mengapresiasi usaha para mahasiswa.

“Wah….ini almamater saya, juga ibu (ibu bupati), produk apa saja ini yang ditampilkan? Terima kasih ya telah berkhidmad turut membangun Blora. Produk ini harus diserahkan ke masyarakat dan dilanjutkan pendampingannya”, kata bupati yang alumni Undar Jombang sambil mengambil beberapa produk dan mengajak foto bersama para mahasiswa.

Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Ahmad Mahbub, yang juga sebagai penanggung jawab acara Pameran Hasil KKN di Blora ini. 

Pada saat yang bersamaan, acara pameran juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan, persembahan dari beberapa kampus yang sedang KKN di Blora, diantaranya pembacaan puisi, tari-tarian, dan musik. Undar Jombang sendiri yang tampil diurutan ketiga, mempersembahkan modern dance dan wonderland dance dari sabang sampai merauke yang diperankan oleh Hilal, Nia, Pingky dan Anggra. Penampilan mereka mendapat standing apllause dari para penonton dan membuat penonton dan peserta pameran lain merapat mendekat panggung pertunjukan*.

[Tim Publikasi KKM UNDAR Desa Sumberpitu, Cepu, Blora] 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code