Ad Code

Undar Jombang Gelar Wisuda, Ratusan Mahasiswa Resmi Menyandang Gelar Sarjana

JOMBANG, PENCANGKUL.COM- Universitas Darul ‘Ulum (Undar) Jombang kembali menggelar prosesi wisuda bagi ratusan mahasiswanya pada Sabtu (12/10/2024). Acara yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Universitas ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister.

Rektor Undar, Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, S.Ag., M.Ag., dalam pidatonya menyampaikan kebanggaannya kepada para wisudawan sekaligus memberikan banyak pesan. 

“Percayalah, bahwa ada legasi, yang sangat luar biasa dari Undar yang mengambil bentuk Trisula. Ada lima nilai Trisula. Taat kepada guru, ketaatan yang berbasis pada guru dan intelektual serta pemahaman yang benar tentang agama. Karenannya kita mesti sungguh-sungguh bekerja dengan rajin dan tekun yang dilandasi dengan kejujuran, karena yang terakhir akan menjamin keberadaan bahwa kita akan maujud, eksis di tengah-tengah masyarakat ataupun di komunitas apapun ketika kita mengembangkan karir di sana. Jujur saja tidak cukup karena ada kompetisi, karena ada perilaku-perilaku lain yang tidak seharusnya tetapi seringkali mengambil peran lebih, dalam rangka yang bagaiaman kita seharusnya bersaing ditengah-tengah komunitas yang berbeda-beda, maka diperlukan kesabaran yang luar biasa. Dan puncak dari semuanya, karena kita berbasis trisula, maka kita mesti ridho da ikhlas atas takdir apapun yang menimpa kita. Saya pastikan pada mahasiswa, sekiranya kalian kuliah di prodi masing-masing dengan dukungan trisula maka ini akan menjadi menjadi shoftskill yang tidak pernah diperoleh, kecuali di Undar", pesannya.

Sebanyak 352 mahasiswa dari berbagai program studi turut serta dalam prosesi ini. Mereka berasal dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Program Pascasarjana. Para wisudawan tampil dengan penuh kebanggaan, mengenakan toga dan senyum yang terpancar dari wajah mereka. Tak sedikit dari mereka yang ditemani oleh keluarga dan kerabat yang turut hadir memberikan dukungan.

Wisuda kali ini dihadiri oleh menteri era SBY dan Jokowi periode sebelumnya, Muhammad Lutfi yang dalam orasi ilmiahnya dengan tema Menjadikan Indonesia Negara Maju dari Perspektif Ekonomi. Ia juga berpesan bahwa wisuda ini tidak hanya menjadi akhir dari perjalanan pendidikan di bangku kuliah, tetapi juga awal dari perjalanan karier dan pengabdian di masyarakat. 

“Prosesi wisuda merupakan momen yang sangat bersejarah bagi para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan jenjang perguruan tinggi dan siap menapaki langkah baru di dunia kerja. Kita perlu bekerja bersama-sama mendayung Indonesia menuju Indonesia emas 2045, kita adalah generasi penerus yang akan mewujudkan cita-cita luhur,para pendiri bangsa yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dan 5 sila dalam Pancasila,” jelasnya.

Acara prosesi wisuda pun selesai diakhiri dengan pesan dan doa oleh Pembina Yayasan, Dr. H. M. Mudjib Mustain Romly. 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code